Jumat, 11 Desember 2015

Jaringan 4G

   Teknologi semakin berkembang tak terkecuali teknologi telekomunikasi. Perkembangan teknologi telekomunikasi membuat beberapa negara berbondong-bondong beralih ke jaringan 4G, bahkan beberapa perangkat elektronik telah mengadopsi teknologi ini. Teknologi yang diklaim begitu wah dalam menggantikan jaringan sebelumnya ini ternyata beritanya sudah ramai sejak 2005, yaitu sejak pertama kali 3G hadir di Indonesia.


Sumber: Http://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/13/04/11/ml3k8e-menyambut-datangnya-teknologi-4g

Apa itu jaringan 4G?

 
          Teknologi 4G adalah teknologi kelanjutan dari proses perkembangan teknologi telepon seluler. Istilah 4G berasal dari bahasa Inggris: fourth-generation technology. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan teknologi wireless dengan kecepatan tinggi. Didahului oleh teknologi 2G yang sangat ngetrend dengan teknologi voice call dan SMS, kemudian disusul oleh 3G dengan andalannya teknologi video call.

          Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telepon yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang dioperasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.

          Istilah 4G digunakan secara luas untuk menggabungkan beberapa macam sistem komunikasi broadband wireless access ke dalam sebuah sistem komunikasi dan bukan hanya sistem telepon seluler saja melainkan juga menunjang keberadaan fixed wireless network seperti WiFi (Wireless Fidelity) dan WiMax (Wireless Metropolitan Access). Oleh karena itu, sistem 4G diharapkan menjadi sebuah sistem yang mampu menjembatani antara berbagai jaringan broadband wireless access yang telah ada di masyarakat secara seamlessly (tidak terasa proses perpindahan antar jaringan yang sedang digunakan) baik itu perangkatnya, jaringannya dan juga aplikasinya.


Komparasi antara 3G dan 4G

3G

          Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan Mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja. 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat, 384 Kbps untuk kondisi bergerak, dan minimal 2 Mbps untuk kondisi statik atau pengguna stasioner.

          Secara evolusioner teknologi 3G telah dikembangkan menjadi 3.5G melalui peningkatan kecepatan transmisi data dengan teknologi berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). Teknologi 3G masih memiliki kelemahan, yaitu koneksi internet yang lambat serta tidak stabil.


4G

          Belakangan ini industri nirkabel mulai mengembangkan teknologi 4G,meskipun sebenarnya teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).

Sumber :
http://tulisandininuris.blogspot.co.id/2013/04/rame-rame-beralih-ke-jaringan-4g.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar