Jumat, 11 Desember 2015

Manfaat dan Dampak Negatif Jaringan 4G



Manfaat 4G


1. Teknologi 4G menjanjikan untuk memberikan kecepatan lebih cepat, koneksi yang handal lebih besar, penggunaan internet halus, dan akses mudah.

• Anda bisa mendapatkan download sampai dengan 100 Mbps dari kecepatan, terutama untuk streaming data online, seperti klip video dengan youtube atau video berita dari CNN. Jadi ketika menggunakan YouTube, streaming video call, video, film, menjelajah web, unduh lagu, dan lainnya akan lebih cepat dan murah. Menurut Wikipedia, Jaringan 4G adalah sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau.

          Dengan shared server seperti wifi men-download dan streaming film bisa memperlambat seluruh jaringan dan makan kecepatan bandwidth yang berharga, sementara hal itu tidak akan layak menggunakan layanan mobile 3G. Dengan koneksi 4G dapat men-download dan menonton film di taman, di tempat umum, di mobil sekalipun dengan kecepatan dan kehandalan yang sama seperti jika Anda berada di rumah sendiri. Dan tidak perlu khawatir tentang perlambatan layanan saat melakukannya.

          Di Indonesia saat ini salah satu teknologi yang akan mendukung 4G ini adalah WiMax, dengan WiMax jaringan 4G akan semakin luas jangkauannya karena 1 node (titik) WiMax bisa menjangkau radius hingga 50 Km sehingga anda bisa online dengan laptop dengan fasilitas WiFi dimana saja dan yang lebih hebatnya lagi teknologi WiMax ini memungkinkan perangkat (HP dan Laptop) dibawa dalam keadaan bergerak dengan kecepatan 150 - 200 Km/Jam sambil melakukan transfer data pada kecepatan 54 Mbps. Yang lebih utama lagi teknologi ini akan jauh sangat murah dibanding teknologi nirkabel saat ini.

Layanan 4G adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk jaringan internet di pedesaan karena lebih efisien dengan mendirikan 1 menara 4G untuk menyalurkan paket data kepada para konsumen. 4G 500 kali lebih cepat dari CDMA2000, kecepatannya 1Gbps di rumah atau 100Mbps ketika di luar.

Kecepatan internet tetap tinggi walaupun berada di dalam kendaraan atau terowongan

• Dapat menonton video dengan resolusi yang lebih tinggi, bermain game interaktif, mengunduh dan mengunggah file besar, video konferensi untuk bisnis, melihat situs berita dengan fitur multimedia, atau membaca buku elektronik yang sudah dikembangkan. Penggunaan video call akan lebih lancar dan tidak putus-putus bila dibandingkan dengan memakai teknologi 3G. Kemudian untuk fasilitas download, seperti download video akan lebih cepat dan lancar.

Peluang penggunaan IPTV serta aplikasi seperti internet banking dan telemedicine akan makin mudah dan cepat.


2. Bisa lebih real time 

          Jaringan 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

• Diskusi jarak jauh dan teleconference

• Bayangkan misalnya berada di perjalanan ke tempat kerja dan menyadari bahwa harus menyelesaikan tugas kunci sebelum masuk kantor. Sekarang bisa online di kereta dan bus, menyelesaikan dan mengirimkan pekerjaan Anda dengan mudah seolah-olah sedang duduk di kantor sendiri.

• Pembelajaran jarak jauh

          Pemerintah telah menerapkan Jejaring Pendidikan Nasional dengan program pengembangan infrastruktur ICT untuk kebutuhan interkoneksi antar sekolah seluruh Indonesia. Jadi sekolah dapat menerapkan e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan infrastruktur ICT. E-learning memungkinkan pelajar belajar di luar kelas dan tak terbatas oleh waktu dan tempat. VideoCall serta Teleconference juga dapat dilakukan dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan sebagai media diskusi jarak jauh, yang pastinya membutuhkan konektivitas jaringan yang cukup tinggi.

• Penyelenggaraan birokrasi pemerintahan makin efektif dan efisien

          Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat melalui e-government dan juga e-parliament membutuhkan teknologi tinggi. Kehadiran teknologi 4G yang mampu memberikan pelayanan data hingga 100 Mbps tentu akan membuat pelayanan interaktif e-government menjadi lebih baik. Misalnya, untuk rapat koordinasi melalui video conference. Dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, dengan video streaming yang tersendat-sendat dan beresolusi rendah, saat ini video streaming dengan menggunakan teknologi 4G sudah berlangsung lancar atau high definition (HD) sehingga konferensi terus berjalan tanpa gangguan yang berarti.

          Sementara sistem e-parliament yang pada dasarnya diproyeksikan sebagai jembatan komunikasi dan informasi antara wakil rakyat dan rakyat sebagai wujud pengawasan terhadap pemerintah juga akan lebih berkembang dengan adanya teknologi ini. Dengan teknologi 4G yang berjangkauan luas, proses penyerapan aspirasi makin menyentuh lapisan masyarakat. Warga pelosok desa pun jadi lebih mudah menyalurkan aspirasi kepada para wakil di parlemen. Manfaat pengembangan teknologi 4G nantinya dapat dirasakan di berbagai bidang lain seperti bidang keamanan di mana sebagian besar persenjataan mulai dioperasikan melalui sistem komputer dan jaringan. Sedang di bidang bisnis, untuk melakukan transaksi online dapat dilakukan dengan mudahnya dengan adanya teknologi yang sangat mendukung. Begitu pula untuk bidang-bidang hiburan, ekonomi, sosial kemasyarakatan, kesehatan, otomotif dan lain sebagainya.


3. Berbeda dengan layanan Wi-Fi dan 3G, 4G broadband selular tidak perlu ada hotspot atau router. Semua yang diperlukan adalah WiMax menara dalam jangkauan dan menara ini memiliki rentang yang sangat besar tak terduga.


4. 4G layanan nirkabel mungkin termasuk modem, netbook dan ponsel.

          Hotspot mobile 4Gdapat menawarkan koneksi nirkabel untuk beberapa perangkat, termasuk komputer, netbook, sistem game genggam, dan ponsel. Dengan teknologi 4G, pengguna dapat secara bersamaan men-download aplikasi besar untuk masing-masing perangkat juga. Sebuah netbook 4G bisa beroperasi mirip dengan laptop, tapi dengan memori yang lebih kecil dan drive yang lebih sedikit; itu mungkin menawarkan akses Internet cepat, download, dan real-time Web.


5. Lebih hemat

• Layanan 4G adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk jaringan internet di pedesaan karena lebih efisien dengan mendirikan 1 menara 4G untuk menyalurkan paket data kepada para konsumen. Jadi, jika kota Anda diaktifkan untuk layanan ini masuk akal untuk mendapatkan koneksi broadband di manapun Anda pergi.

• Dengan 4G Anda tidak harus membayar untuk nomor telepon khusus, sehingga membuatnya jauh lebih murah.

• 4G juga sering setidaknya sebanding, jika tidak lebih murah, daripada layanan internet kabel.


6. Tidak perlu bergantung dengan adanya signal dari provider penyedia layanan ketika akan melakukan kegiatan berkomunikasi melalui pesawat telepon. 


7. Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol. 

          Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali. Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktur internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum. Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet.


Dampak negatif 4G


1. Tagihan berpotensi membengkak


          Para ahli memperingatkan, nirkabel yang lebih cepat bisa menyebabkan konsumsi data meningkat. Artinya, potensi tagihan akan menjadi lebih besar. Generasi keempat nirkabel bisa 10 kali lebih cepat dari generasi ketiga nirkabel (3G). Jika membeli program berbasis kecepatan tinggi, dan Anda terlalu sering menggunakannya, Anda akan mendapat lebih banyak tagihan.


2. Efek drop call tetap ada, jangkauan dan kecepatan lambat di waktu puncak.


          Bagi pengguna jaringan 4G baru, dipastikan akan merasa tak nyaman saat keluar dari zona cakupan 4G. Pada Verizon, operator ini tak berencana memasukkan jaringan teleponnya ke jaringan 4G dan menggunakan jaringan 3G sebagai gantinya. Hal tersebut bisa menyebabkan drop call bagi pengguna yang keluar dari zona cakupan 4G. Dalam hal akses umum, konsumen mengaku lag yang cukup besar saat beralih dari dua jaringan ini.


          Verizon mengaku, beralih dari 4G ke 3G merupakan hal otomatis namun tidak sebaliknya. Proses harus dilakukan secara manual dan hal ini bisa menguras baterai. Meski operator mengagungkan manfaat 4G, para ahli mengatakan, pada 2015, hanya 5% pengguna internet mobile masuk jaringan berkecepatan tinggi.


3. Munculnya kesenjangan sosial 


          Ponsel 4G tidak merakyat dan cenderung hanya dapat dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Sehingga dapat menimbulkan kerenggangan atau gap yang lebih nyata dalam masyarakat.


4. Mengurangi sifat sosial manusia


          Berbagai kemudahan di dalam 4G dapat mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. Manusia menjadi malas untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh HP, maka di zaman yang serba canggih dan modern ini segalanya bisa dilakukan dengan duduk di tempat tanpa perlu beranjak dari tempat duduk dan meninggalkan aktivitas seseorang. Mulai dari mengisi pulsa, transfer uang, memesan tiket, belanja, hingga memesan makanan dapat dilakukan tanpa beranjak dari tempat sedikitpun. Memang akan menjadi lebih mudah tetapi orang akan lebih tidak peduli dengan rasa sosial.


5. Meningkatkan sifat konsumtif 


          Masyarakat akan berlomba – lomba memanfaatkan teknologi 4G tanpa tahu manfaatnya secara rinci, melainkan sebatas pemenuhan gaya hidup.


6. Rawan penyimpangan


          Teknologi yang semakin canggih pada 4G rawan disalahgunakan untuk berbagai hal yang tidak baik. Jika 4G dapat membantu banyak hal yang positif, hal yang negatif pun demikian. Maka perlu upaya ekstra agar hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dapat dihindari/diminimalisir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar