Minggu, 29 Januari 2017

File Transfer Protocol (FTP)

PENGERTIAN FTP
Pengertian File Transfer Protokol atau biasa disebut FTP adalah sebuah protokol client server yang memungkinkan pengguna atau pemakai untuk bisa mengirim atau menerima file dari dan ke sebuah web server. FTP memiliki konsep bekerja menurut aturan transport TCP dan sangat banyak digunakan dalam jaringan internet. Meskipun demikian juga dapat digunakan pada jaringan lokal LAN.

Konsep File Transfer Protocol  (FTP)
Pada FTP terdapat sebuah model FTP, model FTP adalah standar yang mampu mendeskripsikan sebuah operasi sederhana. Model FTP memiliki tugas mendefinisikan perintah yang berpartisipasi dalam sebuah perpindahan file dari kedua kanal komunikasi yang terbentuk serta komponen-komponen FTP yang mengatur kedua kanal dan definisi terminologi yang digunakan untuk komponen-komponen tersebut. Sesuai namanya yaitu file transfer protocol (FTP) yang berarti segala prosesnya masuk dalam protokol client dan server. Client FTP disebut sebagai user, dimana para pengguna FTP melakukan perintah dan proses dari mesin yang disebut client. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran file dalam jaringan menggunakan TCP bukan UDP.
Dua hal yang penting dalam FTP Server dan FTP Client.

FTP server adalah server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan untuk bertukar file di mana server selalu siap memberikan layanan FTP jika permintaan diterima (permintaan) dari FTP client.
FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke server FTP untuk tujuan bertukar file. Setelah terhubung ke server FTP, maka klien dapat men-download, upload, mengubah nama, menghapus, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari server FTP adalah sebagai berikut:

Untuk tujuan berbagi data
Untuk menyediakan komputer remote tidak langsung atau implisit
Untuk menyediakan penyimpanan bagi pengguna
Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

FUNGSI FTP
Fungsi FTP adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk Internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal Ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman.
Fungsi FTP lainnya adalah otentikasi dan kesalahan penanganan teknik untuk membangun koneksi antara komputer host dan klien untuk pertukaran data. Demikian pula Hyper Text Transfer protocol (HTTP), menangani transfer halaman web dari server ke komputer klien.
Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau dalam istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file)
Dalam menjalankan fungsi FTP, Inisiasi Transfer FTP antara server dan komputer klien melalui nomor port 21 pada komputer server.  Koneksi port 21 ini disebut koneksi kontrol dari setiap sesi FTP.  Transfer data diaktifkan oleh koneksi 20 port yang berhubungan dengan server.  Koneksi kontrol harus dipertahankan sepanjang sesi transfer data berbasis FTP, untuk kesuksesan pertukaran file.  Pada waktu dulu, koneksi FTP dibangun melalui interface berbasis command line, tetapi saat ini dapat menggunakan graphic user interface, yang membuat sesi FTP lebih mudah dibangun.

CARA KERJA FTP
Cara Kerja FTP utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi-fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer klien ke situs web komputer hosting Juga digunakan oleh situs untuk menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk transfer file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP. Seperti disebutkan sebelumnya, Cara Kerja FTP ini meskipun sangat mudah dalam implementasinya, aplikasi FTP sangat tidak aman. untuk transfer file karena file tersebut ditransfer tanpa enkripsi dahulu tetapi dengan clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, FTP mengaplikasikan mode ASCII pada transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim bisa saja di sniffing oleh hacker dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Kerentanan terkena serangan  dikarenakan kurangnya kemampuan enkripsi,  tapi cara kerja FTP ini menjadi cepat.
Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi FTP: SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan). Jika Anda berencana untuk memulai  membuat situs web Anda sendiri, Anda perlu mengetahui bagaimana Cara Kerja FTP ketika mentransfer file. Ada klien FTP (seperti CuteFTP), yang dapat membuat pekerjaan jauh lebih sederhana.

Sumber :
Admin.2015.Konsep dan Pengertian File Transfer Protocol (FTP) Server. www.plengdut.com/2015/06/konsep-dan-pengertian-file-transfer-protocol-ftp-server.html
Admin.2011. Pengertian FTP, Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP dan Aplikasinya. http://jaringankomputer.org/pengertian-ftp-fungsi-ftp-carakerja-aplikasi-ftp/
Rafiudin, Rahmat.2005.Membangung Server FTP.Jakarta : Andi Publisher.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar